Andaikan Negara Adalah Sebuah Badan

8 Feb

โ€‹The purpose of this chapter has been to point out, first, the overall organization of the body and, second, the means by which the different parts of the body operate in harmony. To summarize, the body is actually a social order of about 100 trillion cells organized into different functional structures, some of which are called organs. Each functional structure contributes its share to the maintenance of homeostatic conditions in the extracellular fluid, which is called the internal environment. As long as normal conditions are maintained in this internal environment,the cells of the body continue to live and function properly. Each cell benefits from homeostasis, and in turn, each cell contributes its share toward the maintenance of homeostasis. This reciprocal interplay provides continuous automaticity of the body until one or more functional systems lose their ability to contribute their share of function. When this happens, all the cells of the body suffer. Extreme dysfunction leads to death; moderate dysfunction leads to sickness.

(Textbook of Medical Physiology Guyton ed. 11, 2005)

Konsep homeostasis adalah konsep yang menjadi tulang punggung dalam fisiologi. Fisiologi itu sendiri merupakan cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara kerja di dalam makhluk hidup, mulai dari proses senyawa kimia dalam sel hingga rumitnya menjelaskan bagaimana suhu panas menyebabkan orang berkeringat. Secara singkat, semua proses dalam tubuh makhluk hidup dengan segala kompleksitasnya bertujuan untuk mencapai homeostasis, kondisi lingkungan internal yang stabil dan seimbang serta dapat mendukung kelangsungan kehidupan si makhluk hidup yang bersangkutan .

Saya sungguh tertarik dengan cara penyampaian tentang homeostasis di paragraf pertama. Kusadari betapa relevannya konsep homeostasis pada makhluk hidup ini dengan kondisi sebuah negara. Kalau sebuah organisme (sebut saja manusia) dapat dianalogikan dengan sebuah negara, maka sel-sel yang menyusun organisme tersebut dapat dianalogikan dengan penduduk yang menghuni negara itu. Sel-sel dalam tubuh manusia ada miliaran jumlahnya, dan memiliki sruktur dan fungsi yang berbeda-beda pula. Namun mereka menjalankan tugas dan perannya masing-masing sesuai aturan. Mereka memberikan kontribusi sesuai perannya masing-masing untuk menciptakan homeostasis, dan homeostasis memungkinkan setiap sel memberikan kontribusi dengan baik. Hubungan timbal balik ini seharusnya juga berlaku bagi sebuah negara. Setiap warga negara, tanpa kecuali mulai dari petani hingga presiden, wajib memberikan kontribusi bagi negara. Kontribusi maksimal dari setiap warga negara akan menghasilkan lingkungan bernegara yang stabil, sehingga memungkinkan para warganya untuk berkontribusi lebih jauh lagi.

Tidak cukup sampai di situ saja. Sebuah kehidupan dengan segala fungsi di dalamnya tidak akan bertahan hidup lama andaikan ada 1 saja fungsi yang tidak bekerja dengan baik. Hanya karena ada 1 fungsi yang tidak bekerja dengan baik, semua fungsi yang lain terkena dampaknya. Bahkan, ketika ada 1 sel tunggal saja yang mengalami kelainan yang sedemikian ekstrem, itu bisa saja cukup untuk mempengaruhi sel-sel dan fungsi-fungsi lain. Hal inilah yang dikenal sebagai kondisi “sakit”. Sebuah gangguan kecil akan menyebabkan sakit ringan. Gangguan yang dahsyat akan menyebabkan sakit berat dan berujung pada kematian. Sama halnya dengan sebuah negara. Ketika ada 1 saja komponen bangsa yang tidak dapat menjalankan tugas secara semestinya, seluruh sendi kehidupan bernegara akan terkena imbasnya. Negara akan menjadi sakit, dan masa depannya terancam. Keruntuhan, kehancuran, dan penjajahan menunggu di ujung jalan.

Bangsa yang sakit adalah ketika fungsi-fungsi di dalamnya tidak bekerja sebagaimana mestinya dan manusia-manusia yang berada di dalamnya tidak dapat berkontribusi sebagaimana seharusnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: