Catatan Dokter PTT Pekan #074

4 Feb

โ€‹Banemo, Kamis 2 Februari 2017

Saya baru saja menyelesaikan makan siang di warung ketika akhirnya saya memutuskan untuk mencoba melakukan hal yang berguna di rumah. Jaringan internet di pantai (satu-satunya lokasi dengan jaringan internet di tempat PTT, itupun cuma EDGE) sedang mati entah mengapa, dan mungkin ini kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna di rumah.

Setelah bersih-bersih menyapu rumah (kudengar bisa membakar kalori cukup banyak tiap jamnya!), lalu saya membuat kopi sebagai teman untuk melakukan… apa ya? Bahkan ketika saya berhadapan face to face dengan waktu kosong untuk melakukan entah-apa-itu, saya masih belum bisa menentukan apa yang sebaiknya dilakukan. Hati kecil berbisik bahwa laptop sudah beberapa hari tidak dibuka. Otak pun akhirnya mematuhinya dan mengirim impuls-impuls listrik melalui jaringan-jaringan saraf supercanggih ke otot-otot tubuh untuk mengambil laptop dan menyalakannya.

Singkat cerita, saya membuka sebuah folder lama. Folder itu bernama “bahan mentah”, di dalam folder “blog”, di dalam folder “documents”, di dalam… ah sudahlah, tidak penting. Pokoknya, di dalam folder tersebut terdapat sebuah pdf dengan nama yang random (wdqsJsVH0a.pdf). Dalam hati aku bertanya, “Apaan nih?”. Saat dibuka…

Jadi begini. Saat saya sedang di fase-fase awal untuk belajar menulis blog, saya sempat mengikuti semacam “kursus” untuk membuat blog. Di dalam kursus itu, para siswa diberi tugas dari waktu ke waktu. Dimulai dari membuat “page” baru, menulis tentang diri sendiri, menulis tentang tujuan menulis blog, mengubah “layout” blog, hingga upload foto dan lain-lainnya. Pada suatu saat, untuk membantu para siswa agar terus dapat memiliki tema tulisan, kursus itu meng-upload file pdf yang berisi “tema-tema” yang bisa dijadikan bahan tulisan. Tema-tema tersebut juga disandingkan dengan tanggal-tanggal, sehingga untuk setiap tanggal terdapat satu tema. Dan file yang kubuka sekarang adalah file itu.

Di tanggal 2 Februari, temanya adalah berpikir global, bertindak lokal. Penjelasannya, tuliskan pos yang menghubungkan isu global dengan isu personal.

Ini adalah tema yang menarik. Yah, sebenarnya tema-tema lain yang ada di situ juga banyak menarik sih. Namun tema ini saat ini lebih menarik daripada yang lainnya. Pasalnya, saat ini saya tengah dalam proyek kecil untuk membuat artikel blog bertema mirip. Di proyek ini, saya ingin sedikit menulis tentang pentingnya memiliki tujuan yang besar (global), dan untuk mencapainya harus dimulai dari yang kecil (lokal). Saya termotivasi untuk mengerjakan proyek ini setelah saya membaca 1-2 buku yang saya bawa dari Surabaya. Sebenarnya ada buku lain yang ingin saya review untuk kemudian saya jadikan referensi juga untuk proyek ini, kalau bisa. Sayangnya, buku itu saat ini tersimpan di rumah Surabaya.

Saya memiliki beberapa pilihan. Pertama, menunda penyelesaian proyek ini hingga saya tiba di Surabaya. Kedua, mencari referensi tambahan lain. Ketiga, segera menyelesaikan proyek ini dengan segala apa yang ada sekarang. Melihat pilihan-pilihan yang tersedia, kemungkinan yang lebih mungkin dipilih adalah antara 2 dan 3. Pasalnya, bisa dikatakan saya sudah setengah jalan dalam menyelesaikan tulisan ini, dan rasanya tanggung sekali bila harus menunda penyelesaiannya hanya untuk sebuah referensi. Saya tidak punya rencana untuk menunda penyelesaian proyek bila proyek itu bisa segera diselesaikan.

Sebetulnya, kalau mau yang ideal dan ingin mengejar kualitas bila tidak dikejar deadline, pilihan 1 adalah pilihan yang sempurna. Rasa-rasanya, hampir semua buku yang kuanggap bagus dan bermanfaat memiliki daftar yang panjang di daftar pustakanya. Saya jadi bertanya-tanya, apakah penulis itu memang sedari awal rajin membaca sehingga begitu menulis semua bahan bacaannya bisa segera digunakan, atau mereka baru membaca dan melakukan riset begitu mereka mengerjakan proyek tulisannya? Apapun itu, sanggup mencantumkan sedemikian banyak bahan dalam daftar pustaka adalah suatu hal yang hebat, dan layak menjadi bahasan tersendiri.

Leave a Reply

