Catatan Dokter PTT Pekan #053

11 Sep

Banemo,  11 September 2016

Apakah dulu saya pernah menulis bahwa “apa yang kau tulis merupakan dirimu yang sebenarnya”? Ternyata sudah, di Pekan #024 (hanya sebuah catatan kecil, tak ada yang terlalu penting). Maka sekarang aku sekilas membaca lagi apa-apa saja yang sudah kutulis selama ini…

Hasilnya? Sebagian besar tulisan yang kuhasilkan berpusat pada pemikiran dan diri sendiri. Hanya beberapa (1-2) saja yang berisi tentang interaksiku dengan orang lain. Ini merupakan hal yang tidak terlalu bisa dibanggakan. Apakah itu berarti aku tak sanggup menulis tentang ini? Bila aku tidak sanggup menulis tentang hal ini, apakah itu berarti aku memiliki masalah?

Bila memang demikian, berarti kemungkinan ada kebiasaan yang harus diubah. Dan omong-omong soal mengubah kebiasaan, cukup beruntung juga aku membaca sekilas tentang hal ini. Sebuah buku yang kubaca mengutip sebuah penelitian tentang mengubah sebuah kegiatan menjadi kebiasaan. Disebutkan bahwa bila kegiatan itu dilakukan secara terus menerus selama 5 pekan, kemungkinan cukup bagus kegiatan itu akan menjadi kebiasaan. Masih dari buku yang sama, disebut pula teori Relapse Prevention (Pencegahan Kekambuhan). Teori ini menyebutkan untuk mengehentikan kebiasaan buruk (seperti merokok, narkoba, makan berlebihan, dll), 3 bulan pertama adalah masa yang paling kritis. Bila sanggup bertahan di 12 pekan pertama, kemungkinan untuk kambuh sangat berkurang. Jadi, untuk membentuk sebuah kebiasaan, 5-12 pekan adalah periode jendela yang baik untuk memulainya.*

Jadi, apakah aku akan sanggup mengubah kebiasaanku?

*Dikutip dari The Blue Zones: Rahasia Hidup Sehat Orang-orang Tertua di Dunia, oleh Dan Buettner, hal. 219

Leave a Reply

