Dokter yang Baik

17 Jun

Analisis terhadap berkas malpraktik menunjukkan bahwa ada dokter sangat terampil yang sering diperkarakan, sementara dokter yang lebih sering melakukan kesalahan justru tidak pernah digugat. Pasien tidak mengajukan gugatan malpraktik karena mereka telah dirugikan oleh pelayanan medik yang buruk. Pasien memerkarakan dokter karena mereka dirugikan oleh pelayanan medik yang buruk dan sesuatu yang lain. Apakah sesuatu yang lain itu?
Ternyata itu adalah cara mereka dilayani oleh sang dokter di tingkat pribadi. Yang berulang kali muncul dalam kasus gugatan malpraktik adalah pasien mengatakan bahwa dokter mereka seperti hanya mengejar uang, tidak memberikan perhatian yang cukup, atau tidak memperlakukan mereka dengan baik.

Belum lama ini peneliti bidang kedokteran Wendy Levinson merekam ratusan percakapan antara sekelompok dokter dan pasien-pasien mereka. Kira-kira separo di antara dokter-dokter di situ tidak pernah diperkarakan. Separo yang lain pernah dituntut sekurangnya dua kali, dan Levinson menemukan bahwa cukup berdasarkan rekaman percakapan tadi, ia dapat melihat perbedaan nyata antara kedua kelompok. Dokter bedah yang tidak pernah digugat mau menyediakan waktu lebih dari tiga menit lebih lama dengan tiap pasien dibandingkan mereka yang pernah digugat (18,3 menit versus 15 menit). Mereka tidak pelit dengan komentar-komentar yang “mengarahkan”, seperti “Coba, saya periksa dulu, nanti kita bahas masalahnya,” atau “Nanti saya sediakan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.” Dokter-dokter macam ini bersedia mendengarkan secara aktif. Yang menarik, tak ada perbedaan dalam hal mutu atau kadar informasi yang diberikan kepada pasien; mereka tidak lebih rinci soal obat atau kondisi sang pasien. Perbedaan sepenuhnya pada cara menyampaikan informasi pada pasien.

Dikutip dengan sedikit perubahan dari:



Blink – Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir, oleh Malcolm Gladwell, hal. 46-49

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: