Catatan Dokter PTT Pekan #037

25 May

Banemo, 17 Mei 2016

Mendung. Itulah kata pertama yang terlintas di benakku sekarang. Dan juga hal yang ada di atas rumah dinasku saat aku menulis paragraf ini jam setengah lima sore. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya mendung ini luar biasa. Dia terdiri dari air — berton-ton air — yang berasal dari penguapan di permukaan bumi. Lalu uap air ini melayang layang tanpa ada yang menahannya di udara. Lalu terbentuklah awan, bila semakin berat terbentuk mendung. Ketika sudah cukup berat, dia akan terbang rendah, lalu menumpahkan segenap isinya ke bumi.

Tapi saat ini aku agak enggan mengagumi mendung (yang sebenarnya memang mengagumkan, jangan salah!). Tak ada masalah atau dendam pribadi, sebenarnya. Nothing personal. Perkaranya adalah begini. Tadi pagi aku melihat langit cerah, cuaca yang tampaknya cukup menjanjikan untuk menjemur pakaian. Baik, aku akan menjemur pakaian siang ini, itulah rencana kegiatanku. Maka dari itu, aku merendam pakaian selama aku di puskesmas. Baru nanti setelah siang tinggal dibilas dan dijemur. Yahelah, siang hari ternyata angin utara menghembuskan mendung ke sini. Pakaian sudah terlanjur direndam, terus aku harus ngapain? -_-

Banemo, 22 Mei 2016

Yeay, cuaca cerah! Itu berarti waktunya mencuci pakaian kotor yang selama hampir seminggu tergeletak di pojokan kamar, haha. Jadi, mendung bukan hanya berguna untuk menurunkan hujan saja. Bagi yang menjemur pakaian, adanya mendung adalah supaya kita bisa bersyukur saat cuaca cerah. Alhamdulillah.

Habis nge-laundry, ngapain? Itu pertanyaan yang bagus. Dan aku berharap aku mempunyai jawaban yang bagus. Mungkin aku sudah pernah menyampaikannya, tapi biar aku beri tahu lagi bahwa aku membawa banyak buku yang aku beli dari Surabaya sebelum datang ke sini. Dan aku bersyukur atas keputusanku ini karena buku tidak perlu baterai. Berbeda dengan laptop atau HP atau tablet yang hanya bisa dipakai dalam waktu terbatas gara-gara terbatasnya listrik. Plus, membaca buku berarti menambah wawasan tentang pengetahuan dan cara memandang dunia. Dan hal itu tentu akan sangat membantu di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

