Catatan Dokter PTT Pekan #029

30 Mar

Banemo, 27 Maret 2016

Di sini, saya ingin membuat sebuah pengakuan. Di sini, saya membuat sebuah pengakuan bahwa saya tidak menulis blog dalam 4 pekan terakhir, oleh karena alasan yang sangat umum dan sudah bisa diduga sebelumnya (malas). Saya juga hendak meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh hal ini, namun saya juga tidak dapat berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di masa mendatang (heaaa).

Sepertinya saya telah memutuskan bahwa sering sekali saya tidak memiliki bahan tulisan yang bagus untuk ditulis di “catatan dokter PTT”. Yah, mungkin lebih tepat disebut “tidak mau mencari” daripada “tidak memiliki” sih. Tapi tetap saja hasil akhirnya sama-sama tidak ada tulisan yang bisa ditulis. Dan kalau dipaksakan terus, mungkin tulisan-tulisan yang ada akan terasa hambar…

Anyway, mungkin aku memiliki solusi untuk masalahku ini. Mungkin. Saya berencana untuk menulis (ehem) novel selama saya PTT. Tidak harus tentang dokter PTT tentunya, pokoknya novel, entah temanya tentang apa. Tapi aku juga sadar tidak mungkin aku duduk-duduk di sini menulis tulisan-tulisan tidak jelas di blog lalu tiba-tiba simsalabim ibracadabra alakazam muncullah sebuah novel karangan dr. Erriza Shalahuddin. Aku yakin itu adalah sebuah perjuangan yang sangat berat untuk seorang penulis.

Jadi begini rencanaku. Dalam sisa kontrakku selama sekitar 18 bulan ke depan, aku akan berlatih menulis cerita. Ya, cerita-cerita pendek, entah itu benar-benar karanganku sendiri atau gubahan dari cerita-cerita pendek yang pernah aku tahu. Kemungkinan besar gubahan cerita-cerita lama. “Yee, kalo cuma gitu aja ya sama aja”, mungkin pembaca ada yang berpikir begitu. Buatku itu tidak menjadi soal, karena aku percaya imitasi adalah langkah pertama dari berkreasi. Lagipula, bukankah kreativitas sebagian besar berupa menghubung-hubungkan hal yang sudah ada? (Kalau tidak salah ini adalah quote dari Steve Jobs)

Leave a Reply

