Catatan Dokter PTT Pekan #020

23 Feb

Banemo, 23 Januari 2015. Loading PTT… 20%

Baru-baru ini puskesmas di tempat pengabdianku mengalami perubahan. Apa pasal? Ternyata di puskesmasku terjadi pergantian kepengurusan. Adapun yang menjadi musababnya adalah salah satu pejabat di puskesmasku mengajukan permohonan untuk melanjutkan studi ke S2 di Jawa. Lantas akhirnya jabatan yang lowong itu pun diisi oleh orang lain. Konon, pejabat baru ini memiliki reputasi yang baik juga, dan teman-teman pun menunggu-nunggu kehadirannya. Sempat beredar isu bahwa yang bersangkutan batal berdinas di sini karena masalah SK (isu yang berhembus adalah SK-nya diganti, padahal sudah dilantik!), namun alhamdulillah isu tersebut tidak terbukti. Kedatangannya beberapa hari lalu pun disambut dengan hangat.

Sebenarnya bukan tabiat alamiku untuk membanding-bandingkan orang, mengingat aku adalah orang yang cuek dan kurang sadar lingkungan, juga tidak terlalu suka men-judge orang. Namun aku sadar bahwa sikap cuek dan tidak peduli lingkungan adalah kekurangan terbesarku, dan dalam batas-batas tertentu kita juga harus bisa menilai orang. Itu adalah sedikit dari banyak sekali kualitas yang harus dimiliki oleh pemimpin. Dan walaupun aku tidak memiliki kapasitas untuk menilai, aku ingin tahu apakah kabar burung yang kudengar tentang sepak terjangnya memang benar adanya.

Pada beberapa hari pertama dirinya bekerja, saya mulai merasakan perubahan yang positif. Beliau langsung mencari tahu sebanyak mungkin tentang medan yang dihadapinya, secara aktif. Bukan hanya para sejawat staf puskesmas, beliau juga mencari informasi dari para warga yang dilayaninya. Beliau juga mendengarkan dengan baik. Misalnya ketika saya memberi masukan tentang permasalahan terkait pengadaan air di puskesmas dan perumahan dinas, beliau menyimak dengan seksama. Setelah mendengarkan, beliau langsung pergi melihat permasalahan yang ada dan langsung dicarikan solusinya.

Hal-hal di atas adalah cerminan dari kepeduliannya, sikapnya sebagai pendengar yang baik, dan kemauannya untuk bertindak. Dan di mataku, sifat-sifat di atas juga termasuk bagian dari kepemimpinan yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: