Skill yang Mutlak Dibutuhkan Setiap Blogger – Sebuah Catatan Dokter PTT di Kota Halaman Pekan #017

3 Jan

Kali ini saya akan membuat sedikit tulisan tentang skill yang mutlak dibutuhkan sebagai seorang blogger. Anyway, saya merangkap ini juga sebagai “Catatan Dokter PTT” series karena saya bingung mau menulis apa tentang “Catatan”. Pikiran saya akhir-akhir ini entah mengapa dipenuhi banyak ide, yang sayangnya banyak yang masih belum bisa diwujudkan dalam tulisan. Jadi untuk mengurangi beban mental, biarlah kubuang salah satu ide tulisan yang paling bisa dibuang ke blog. Jadi seperti “pensieve” di novel Harry Potter, haha.

Baik, jadi apa skill yang mutlak dibutuhkan oleh seorang blogger? Hayo, apa? Ada yang bisa menebak?

Saya yakin jawabannya bisa macam-macam. Kemampuan berpikir kritis, membaca cepat, bahkan public speaking bisa menjadi tebakan yang bagus. Sayangnya, walaupun tebakan-tebakan yang disebutkan di atas (dan tebakan-tebakan lain yang tidak disebutkan di atas) mungkin saja benar, bukan itu yang ingin saya bahas. Yang ingin saya bahas adalah…

Mengetik Dengan 10 Jari

Ya, itulah skill yang mutlak dibutuhkan oleh setiap blogger! Percuma kita memiliki berbagai macam skill di atas bila kita tak bisa mengetik dengan kesepuluh jari kita. Pikirkan saja, Allah menganugerahkan kita 5 jari di tangan kiri dan 5 jari di tangan kanan, semua bisa bergerak secara bebas untuk melakukan hal yang kita lakukan melalui fisiologi yang rumit. Dan percayalah, ada lebih dari 26 tombol di keyboard kita, dan 10 jari bisa bekerja lebih cepat daripada “11 jari” (1 jari tangan kiri dan 1 jari tangan kanan). Menggunakan kesepuluh jari kita untuk mengetik hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain juga bagian dari rasa syukur kita kan?

Sekarang tinggal bagaimana caranya… Tenang saja, saya akan berbagi bagaimana caranya berlatih mengetik 10 jari. Cara saya melibatkan sebuah permainan game mengetik yang bisa di-download secara gratis, dan menikmati permainan itu hampir setiap hari. Game apa itu? Silakan googling…

Tux Typing

 

 

NB: Tulisan di atas terdiri dari 281 kata. Aku mengetik kata-kata di atas mulai dari jam 20:56 hingga 21:15, berarti sekitar 19 menit. Itu sudah termasuk pause sebentar-sebentar untuk memikirkan kata-kata apa yang akan kutulis.

Tulisan di atas kuketik dengan teknik 9 jari. Dalam 19 menit saya berhasil mengetik 281 kata. Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

