Sepatu Cewek Untuk Nge-Mall

1 Jan

Tahun masehi telah berganti. Di momen pergantian tahun ini, saya yakin banyak sekali orang yang merayakannya dengan cara yang berbeda-beda. Mungkin ada yang merayakannya dengan begadang dan tiup-tiup terompet, mainan mercon, ada yang konvoi gila-gilaan pakai motor, dll. Tapi aku yakin juga ada banyak yang menyikapinya dengan lebih positif, seperti membuat resolusi dan target baru untuk tahun yang baru, atau berzikir, atau hal-hal lainnya. Sekarang saya punya ide: bagaimana dengan gaya baru untuk tahun baru?

Inspirasi untuk menulis tentang topik ini datang beberapa hari lalu (mungkin lebih tepat sekitar pekan lalu) ketika saya memiliki kesempatan untuk mengunjungin sebuah mall di Surabaya. Dan saya sudah bisa menebak pemandangan apa yang akan kudapat di sini dan mall-mall pada umumnya. Orang-orang, pria dan wanita, muda dan tua, dan pada umumnya berpenampilan cukup menarik. Terutama yang muda. Lebih terutama lagi yang wanita. Haha. Kalau sudah menemukan pemandangan seperti ini, saya berusaha terus-menerus mengingatkan diri untuk menjaga pandangan. Dan akhirnya jatuhlah pandanganku ke alas kaki yang nona-nona ini kenakan.

Cukup mengejutkan bahwa ternyata memperhatikan alas kaki cewek-cewek ini juga tak kalah menarik. Pada dasarnya, cewek-cewek ini mengenakan berbagai macam jenis alas kaki (kalau ini sih aku yakin para pembaca sudah tak perlu diberi tahu lagi, haha). Selama observasiku, aku mendapati bahwa terdapat 6 jenis alas kaki yang dipakai oleh cewek-cewek di mall. Di antara keenam jenis tersebut, ada 2 jenis yang kukira paling menarik perhatian(ku)…

1. Sandal

images (5)
Sandal jepit. Tentunya kita sudah sangat familier dengan alas kaki yang satu ini. Sandal jepit yang murah-meriah, sederhana, serba guna, mudah didapat… Tapi tunggu dulu, apakah kita membicarakan sandal jepit yang sama? Perlu dipahami bahwa sandal jepit ada 2 jenis. Ada sandal jepit yang sangat sederhana sehingga biasa dipakai untuk keperluan sehari-hari, ada sandal jepit yang memang dibuat untuk kepentingan fashion. Tentu saja yang kita bicarakan adalah kategori nomor 2. Sandal jepit jenis ini memang bervariasi, mulai dari modelnya hingga harganya. Tapi dalam pengamatan singkat pekan lalu, sepertinya sandal jepit tidak terlalu banyak menarik perhatian. Saya pernah mendengar pernyataan, “flip flops are for beach only”, dan sepertinya saya setuju dengan pernyataan ini. Hindari menggunakan sandal jepit model apapun di mall. Tapi tetap saja keputusan terakhir berada di tangan (atau kaki?) pemakai.

2. Sepatu-sandal

images (4)
Sandal versi sepatu. Atau sepatu versi sandal. Atau sandal yang ter-upgrade. Atau sepatu yang ter-downgrade. Kecuali alas kaki model ini masih terlalu banyak mengadopsi bentuk sandal jepit, sepatu-sandal lebih layak untuk diajak ke mall daripada sandal jepit murni. Bukan alas kaki yang membuatku terkesan, tapi tetap merupakan sebuah pilihan bila ingin tampil sederhana.

3. Sepatu

images
Sepatu menutup hampir seluruh kulit kaki, berbeda dengan sandal/sepatu-sandal yang jauh lebih sedikit menutup kaki. Sangat mudah dikenali karena memang bentuknya yang sangat sederhana. Ini adalah pilihan lain di kala ingin tampil sederhana. Namun bila bosan untuk tampil sederhana, silakan baca terus…

4. High-heels

images (2)
Sepatu dengan peninggian pada tumitnya, atau heels. Sepatu ini bisa membuat cewek manapun yang mengenakannya menjadi terlihat lebih tinggi dan anggun, sebuah poin penting. Di sisi yang lain, sepatu ini juga membuat cowok menjadi terintimidasi, apalagi bila si cewek jangkung dan si cowok agak pendek. Poin lain yang memberi sedikit nilai minus adalah penggunaan sepatu ini harus disesuaikan dengan tempat dan waktunya, ada tempat dan waktu di mana penggunaan high-heels kurang cocok. Hal lain yang perlu diingat adalah penggunaan high heels kurang baik untuk anatomi kaki. Secara umum, ini adalah pilihan yang lumayan oke untuk ke mall, tapi tetap hindari sikap berlebihan.

5. Sneakers

images (1)
Dalam observasi, saya menemukan cewek ber-sneakers lebih banyak daripada yang kuharapkan. Dan cukup mengejutkan pula bahwa ini adalah salah satu alas kaki cewek yang suka saya lihat. Sepertinya sneakers memberikan kesan kuat dan mandiri. Apalagi bila ditambahkan asesoris lain yang memberi kesan maskulin, seperti ransel/backpack. Dalam pandangan saya, sneakers juga cocok untuk sebagian besar kombinasi pakaian, mulai dari mbak-mbak dengan kaos dan celana jeans hingga para ABG (akhwat berjilbab gede) dengan rok panjangnya. Saya cukup yakin ini bisa menjadi trend. Yang penting jangan mengenakan sepatu yang kotor habis dibuat lari-lari pagi, hehe.

6. Semi-boots/boots

unnamed
Saya menjumpai sepatu jenis ini dalam satu atau dua kesempatan… saja. Tapi setiap kali terlihat, sepatu ini menimbulkan kesan yang menyenangkan. Mungkin terlihat hot ya, haha. Entahlah, apapun alasannya, saya suka melihat sepatu ini. Mungkin juga terlihat bagus karena jarang ada yang pakai ya. Aku juga yakin sepatu ini bisa menjadi trend di tahun 2016 ini…

 

Gambar dari berbagai sumber, dicari dengan google.com menggunakan keywords “sepatu cewek”

Leave a Reply

