Case #005: Sekilas Tentang TBC

15 Feb

Selama saya berada di Puskesmas Ngrambe, bila tidak ada tugas di luar (penyuluhan, pos gizi balita, dll), biasanya saya stay di balai pengobatan (BP) untuk melayani pasien. Bila tidak, ya di UGD. Selama di BP, ada 1 hal yang cukup menarik perhatian saya. Sering saya menemukan pasien dengan keluhan batuk-batuk sudah lama, berat badan turun, dan keringat malam. Singkatnya, pasien dengan gejala mengarah ke TBC paru. Tapi diperiksakan dahak, hasilnya sering negatif.

Jadilah saya menyampaikan ini sebagai salah satu bahan laporan kepada Bu Kapus. Saya melakukan sedikit tinjauan pustaka tentang TBC. Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa disampaikan tentang penyakit ini. Mulai dari definisinya, sifat-sifat kumannya, patogenesisnya yang rumit, tanda dan gejala, kriteria diagnosis, hingga terapinya yang memerlukan waktu sangat lama dan memiliki resiko gagal yang besar. Belum lagi tentang pengobatan pada kondisi-kondisi khusus (seperti pengobatan pada anak) serta faktor lingkungan yang terkait erat dengan penularannya. Tapi saya memutuskan untuk menyampaikan beberapa fakta kecil tentang penyakit ini, doakan saja supaya saya bisa menyempatkan diri untuk melengkapinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

