Surabaya vs Ngawi (Bag. 1)

8 Jul

Aku sangat suka datang ke alun-alun kota Ngawi, sungguh. Terutama karena ada wifi yang tersedia gratis di UPT (unit pelayanan teknis). Tempatnya sangat nyaman, terbuka ke jalan utama dan lapangan alun-alun yang ijo royo-royo. Udaranya juga terasa segar dan sejuk, polusi tidak terlalu terasa. Bahkan ketika habis jaga malam yang melelahkan, ketika kebetulan laptop kubawa, aku mampir dan entah mengapa rasa kantukku hilang. Tak ada kemacetan di sini. Temanku malah berseloroh bahwa untuk menyeberang jalan tidak perlu menoleh ke kiri-kanan (ini hanya gurauan. bila ingin mencoba, lakukan dengan kesadaran bahwa resiko ditanggung sendiri).

Aku membandingkan dengan kota tempat aku tumbuh besar, Surabaya. Jam baru menunjukkan jam 7 pagi, udara sudah panas. Jam sudah menunjukkan jam 7 malam, udara masih panas. Jalan sering macet terutama saat jam pergi dan pulang kerja. Jadi harus pandai-pandai memilih rute dan waktu yang tepat untuk pulang-pergi di dalam kota Surabaya. Yang patut dibanggakan dari Surabaya adalah, walaupun berstatus kota terbesar kedua di Indonesia, berkat sentuhan walikotanya, Surabaya tidak kekurangan lahan hijau. Aku terutama paling suka bersepeda dari rumah setelah shalat subuh Berkeliling kota selama setengah jam, lalu transit di salah satu taman kotanya, yang paling sering di Taman Bungkul. Biasanya berangkat jam 5, kembali ke rumah jam 6. Jarang di atas jam 6 karena biasanya sudah panas. Aku heran apakah ini perasaanku saja, atau memang Surabaya termasuk kota terpanas di Indonesia….

Yang jelas, bila menghendaki ketenangan, kota Ngawi jelas lebih menyenangkan. Jalanan relatif sepi, tak ada macet. Sangat berbeda dengan Surabaya yang panas dan ramai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: